RENCANA OPERASI PENYELENGGARAAN ANGKUTAN NATAL 2019 DAN TAHUN BARU 2020

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, perlu dilakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan pengendalian secara terpadu, untuk itu Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat telah mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, pada hari Senin, 16 Desember 2019 bertempat di Ruang Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat Jl. Adisucipto Km. 9,2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Rapat Koordinasi dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Angkutan Jalan Bapak Untung Suwarto, ST dan didampingi oleh Wakil Dirlantas Polda Kalbar Bapak (Heriyanto), Rapat Koordinasi ini juga mengundang stakeholder terkait seperti Instansi Vertikal di daerah, BUMN dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota seluruh Kalimantan Barat sesuai dengan kewenangannya.

Dasar Penyelenggaraan Berdasarkan Surat Menteri Perhubungan Nomor : perihal langkah-langkah persiapan penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2019. Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat Nomor 12 Tahun 2019 tanggal 2 Desember 2019 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Surat Perintah Tugas Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Rapat Koordinasi Angkutan NATARU (Natal dan Tahun Baru) diadakan guna mengkoordinasikan kesiapan dari berbagai pihak, dalam Pembentukan Posko antara lain, Posko Induk yg bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, serta Posko Mobile meliputi Personil / Staf Dishub Prov. Kalbar yang ditempatkan untuk mendukung posko-posko yang akan dibentuk pada Simpul-simpul transportasi seperti Terminal ALBN Sei. Ambawang, Kubu Raya (BPTD Wilayah XIV Kalbar), Pelabuhan Dwikora, Pontianak (KSOP Pontianak), dan Bandar Udara Supadio, Kubu Raya (PT. Angkasa Pura II Bandara Supadio).

Selain Koordinasi tentang kesiapan Angkutan NATARU Dishub Prov. Kalbar bersama BPTD XIV Kalbar juga telah Melakukan Giat Inspeksi Keselamatan Angkutan Umum (Ramp Check) SecaraTerpadu yaitu pada lokasi, Terminal Tipe A ALBN Sei. Ambawang, pada tanggal 11 Desember 2019 Pukul: 07.00 WIB s/d selesai dan Pada Terminal Soedarso Kubu Raya tanggal 12 Desember 2019 Pukul 13.00 WIB s/d selesai. Dari pihak KSOP juga telah melakukan Uji Fisik dan Ramp Check Kapal di Pelabuhan Dwikora dab Pelabuhan Rasau Jaya.

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat juga melakukan Monitoring dan Pengawasan Pelayanan Transportasi Darat (Jalan dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan), Laut dan Udara yang bersinergis dengan Instansi Terkait, dalam membantu kelancaran arus barang dan orang, khususnya distribusi barang kebutuhan pokok, dan mempersiapkan penambahan sarana angkutan apabila terjadi lonjakan penumpang dengan mengeluarkan Izin Insidentil untuk bus-bus cadangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi Perusahaan Bus AKDP yang mengajukan permohonan dalam rangka mengantisipasi penumpukan penumpang di Terminal.

BMKG memberikan Informasi kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Barat pada bulan Desember 2019 s/d Januari 2020 diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan s/d lebat, pada siang dan malam hari, harap agar diwaspadai. Pihak PUPR Memberikan Informasi tentang kesiapan pengoperasian Jembatan Landak yang dijadwalkan selesai 3 hari sebelum natal sudah dapat difungsikan. (Natalia, TeamDishub)